QUANTUM COMPUTING
PERKEMBANGAN KOMPUTASI MODERN DAN IMPLEMENTASI PADA BIDANGNGNYA
- Akurasi
Akurasi tentu merupakan masalah yang paling penting dalam memecahkan masalah. Karena itu pada komputasi modern dilakukan perhitungan bagaimana bisa menghasilkan suatu jawaban yang akurat dari sebuah masalah. Tentu kita pernah mendengar tipe data floating point yang biasa digunakan untuk menyimpan data numerik dalam bentuk pecahan. Tipe data tersebut memiliki range penyimpanan numerik yang besar, sehingga dapat digunakan oleh komputer untuk melakukan komputasi yang akurat. - Kecepatan (dalam satuan Hz)Manusia pasti menginginkan masalah dapat diselesaikan dengan cepta. Karena itu perhitungan masalah kecepeatan adalah suatu hal yang penting. Komputasi harus dapat dilakukan dalam waktu yang cepat ketika mengolah suatu data. Sehingga perlu metode kecepatan untuk mengolah perhitungan dalam waktu singkat.
- Problem Volume Besar
- Modeling
Modeling merupakan suatu hal yang penting dalam melakukan suatu perhitungan yang rumit. Bayangkan saja jika kita dihadapi dalam suatu masalah perhitungan yang banyak dan kompleks, tetapi tidak ada model matematika yang kita miliki. Perhitungan akan berjalan berantakan dan tidak akan mendapatkan hasil yang akurat. Maka dari itu komputasi modern membutuhkan modeling sebelum melakukan perhitungan. - Kompleksitas
Komputasi modern dirancang untuk menangani masalah yang kompleks, sehingga diterapkan pada komputer. Dengan menggunakan teori Big O, maka komputasi modern dapat melakukan perhitungan untuk memecahkan masalah kompleksitas yang kerap dihadapi
- Speedy
Reguler: merupakan produk layanan
internet broadband yang diperuntukkan bagi pelanggan perumahan (family)
atau personal yang hanya membutuhkan akses internet standar misalnya untuk
keperluan browsing, chatting, gaming, download email, dan lain-lain.
Speedy Reguler ditawarkan dalam paket berlangganan dengan kecepatan mulai
dari 384 kbps – 100 Mbps, tergantung kondisi jaringan setempat.
- SLG
(Service Level Guarantee) standard untuk segmen perumahan.
- Asymmetric
dengan perbandingan upstream jauh lebih kecil dari downstream.
- Abonemen
/ berlangganan.
- Unlimited.
- Cara
pembayaran Postpaid.
- IPPublik
Dinamik (DHCP - Dynamic Host Configuration Protocol).
- Port
TCP 25 (SMTP service) hanya dibuka ke SMTP yang disediakan TELKOM yaitu
smtp.telkom.net port 25.
- Dapat
disisipi advertising.
- Speedy
Instan: merupakan produk yang
diluncurkan oleh TELKOM sebagai salah satu upaya untuk menyediakan layanan
broadband yang siap pakai oleh pelanggan (Pay as you use). Pelanggan yang
belum berlangganan paket Speedy Reguler dapat menggunakan layanan broadband
dengan cara membeli paket harian baik prepaid maupun postpaid.
- SLG
(Service Level Guarantee) standard untuk segmen perumahan.
- Asymmetric
dengan perbandingan upstream jauh lebih kecil dari downstream.
- Pay
As You Use.
- Limited
sampai kuota waktu habis.
- Cara
pembayaran Prepaid atau Postpaid.
- IP
Publik Dinamik (DHCP - Dynamic Host Configuration Protocol).
- Port
TCP 25 (SMTP service) hanya dibuka ke SMTP yang disediakan TELKOM yaitu
smtp.telkom.net port 25.
- Dapat
disisipi advertising.
- Speedy
Gold: merupakan produk layanan
internet broadband yang diperuntukkan bagi pelanggan SME (Small Medium
Enterprise) yang membutuhkan layanan internet untuk keperluan bisnis,
misalnya mail server kecil, web server pribadi, warnet dll. Speedy Gold
ditawarkan dalam paket berlanggan dengan kecepatan mulai 512 kbps – 100
Mbps.
- SLG
standard untuk segmen bisnis.
- Asymmetric
dengan perbandingan upstream lebih kecil dari downstream (kualitas lebih
baik dari Speedy Reguler).
- Abonemen
/ berlangganan.
- Unlimited.
- Cara
pembayaran Postpaid.
- 1
IP Publik Statik (DHCP) sesuai permintaan customer.
- Port
TCP 25 (SMTP service) hanya dibuka ke SMTP yang disediakan TELKOM yaitu
smtp.telkom.net port 25.
- Tidak
disisipi advertising.
Sukardi Silalahi, Direktur Consumer Telkom, mengatakan salah satu upaya mendorong pertumbuhan pengguna Speedy adalah dengan bekerja sama secara bundling dengan pihak lain. Perseroan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan perusahaan manajemen perhotelan yakni PT AAPC atau Accor Group Indonesia. Kerjasama ini terdiri dari co-branding Speedy Instan-Accor. Antara lain, menawarkan Speedy Instan Card kepada tamu hotel Accor, serta pemasangan access point wireless fidelity (Wi-Fi) di 83 jaringan hotel Accor Group. Kerja sama ini juga menghadirkan membership card Telkom dan Accor Indonesia untuk mendukung loyalty program dan cross selling produk dan jasa. Kedua perusahaan juga berbagi kegiatan Joint Promotion untuk mutual benefit bagi pelanggan existing, new member, dan karyawan kedua belah pihak. Sinergi kedua perusahaan ini dianggap positif sebab sesuai dengan target perseroan untuk mendorong penjualan di tempat-tempat keramaian. Perseroan berkomitmen bahwa mobile broadband terbaik adalah berbentuk fixed line.
sumber : http://telkomspeedy.com/product-description
- Forensik merupakan sebuah proses ilmiah dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menghadirkan berbagai bukti pada sidang pengadilan karena adanya kasus hukum.
Berbeda dari pengertian forensik pada umumnya, komputer fo¬rensik dapat diartikan sebagai pe ngumpu lan dan analisis data dari berbagai sumber daya komputer yang mencakup sistem komputer, jaringan komputer, jalur komu nikasi, dan berbagai¬ media penyimpanan yang layak untuk diajukan dalam sidang pengadilan.
Komputer forensik banyak ditempatkan dalam berbagai keperluan, bukan hanya untuk menangani beberapa kasus kriminal yang melibatkan hukum, seperti rekons truksi perkara insiden keamanan komputer, upaya pemulihan kerusakan sistem, peme ca han masalah yang melibatkan hardware ataupun software, dan dalam memahami sistem atau pun berbagai perangkat digital agar mudah dimengerti.
Komputer forensik merupakan ilmu baru yang akan terus berkembang. Ilmu ini didasari oleh beberapa bidang keilmu an lainnya yang sudah ada. Bahkan, komputer forensik pun dapat dispesifikasi lagi menjadi beberapa bagian, seperti Disk Foren¬sik, System Forensik, Network Forensik, dan Internet Forensik.
Pengetahuan Disk Forensik sudah terdokumentasi dengan baik dibandingkan dengan bidang forensik lainnya. Beberapa kasus yang dapat dilakukan dengan bantuan ilmu Disk Forensik antara lain mengem balikan file yang terhapus, menda pat kan password, menganalisis File Akses dan System atau Aplikasi Logs, dan sebagainya.
Tentunya untuk mendapatkan semua informasi tersebut, Anda memerlukan sejumlah software, seperti EnCase, yang dikembangkan oleh Guidance Software Pasadena, Linux DD yang pernah digunakan oleh FBI (Federal Bureau Investigation) dalam kasus Zacarias Moussaoui, dan Jaguar Forensics Toolkit, yaitu sebuah tool yang diperkaya dengan beberapa feature menarik, seperti generator report untuk memenuhi kebutuhan komputer forensik,
Interface program JaguarForensics ToolKit yang dapat digunakan oleh Anda untuk mendapatkan sejumlah informasi secara rinci mengenai hardware, sistem operasi, aplikasi, network, dan sebagainya.
Permodelan Forensik
Model forensik melibatkan tiga komponen terangkai yang dikelola sedemikian rupa hingga menjadi sebuah tujuan akhir dengan segala kelayakan dan hasil yang berkualitas. Ketiga komponen tersebut adalah:
* Manusia (People), diperlukan kualifikasi untuk mencapai manusia yang berkua litas. Memang mudah untuk belajar komputer forensik, tetapi untuk menjadi ahlinya, dibutuhkan lebih dari sekadar pengetahuan dan pengalaman.
* Peralatan (Equipment), diperlukan sejumlah perangkat atau alat yang tepat untuk mendapatkan sejumlah bukti (evidence) yang dapat dipercaya dan bukan sekadar bukti palsu.
* Aturan (Protocol), diperlukan dalam menggali, mendapatkan, menganalisis, dan akhirnya menyajikan dalam bentuk laporan yang akurat. Dalam komponen aturan, diperlukan pemahaman yang baik dalam segi hukum dan etika, kalau perlu dalam menyelesaikan sebuah kasus perlu melibatkan peran konsultasi yang mencakup pengetahuan akan teknologi informasi dan ilmu hukum.
TUJUAN FORENSIK IT
Tujuan utama dari kegiatan forensik IT adalah untuk mengamankan dan menganalisa bukti digital dengan cara menjabarkan keadaan terkini dari suatu artefak digital. Istilah artefak digital dapat mencakup sebuah sistem komputer, media penyimpanan (harddisk, flashdisk, CD-ROM), sebuah dokumen elektronik (misalnya sebuah email atau gambar), atau bahkan sederetan paket yang berpindah melalui jaringan komputer.
BUKTI DIGITAL
Dunia digital memang cukup luas cakupannya. Proses-proses yang menggunakan pulsa listrik dan logika biner bukan hanya digunakan oleh perangkat komputer. Bukti digital adalah informasi yang didapat dalam bentuk/format digital (Scientific Working Group on Digital Evidence, 1999). Bukti digital ini bias berupa bukti riil maupun abstrak (perlu diolah terlebih dahulu sebelum menjadi bukti yang riil). Beberapa contoh bukti digital antara lain :
• E-mail
• Spreadsheet file
• Source code software
• File bentuk image
• Video
• Audio
• Web browser bookmark, cookies
• Deleted file
• Windows registry
• Chat logs
Pelayanan Jasa dan Penjualan Produk ORIFLAME
Pelayanan Jasa dan Produk ORIFLAME Apa itu ORIFLAME? Oriflame Cosmetics (selanjutnya disebut Oriflame) pertama kali didirikan di Swedia oleh dua orang bersaudara Robert dan Jonas af Jochnick serta rekan mereka, Bengt Hellsten, pada tahun 1967 di pusat kota Stockholm. Robert dan Jonas af Jochnick ingin memberi banyak orang kesempatan untuk memperoleh manfaat dari perawatan kulit yang baik dan kosmetika berkualitas tinggi yang terinspirasi oleh keindahan alam Swedia. Terobosan luar biasa yang dilakukan oleh dua bersaudara af Jochnick adalah memindahkan mata rantai bisnis Oriflame ke rumah konsumen. Segera saja, Oriflame memiliki konsultan penjualan di seluruh negeri. Mereka ingin menjadi bagian dari bisnis baru yang revolusioner dan mendapatkan uang dari perawatan kulit alami. Produk itu didistribusikan ke rumah mereka. Sejak hari pertama mereka memiliki jaringan pelanggan potensial di teman-teman, kolega, dan tetangga, saat itu juga bisnis Oriflame mereka mulai berkembang. Hingga saat ini Oriflame global memiliki: 1. Lebih kurang 1,1 miliar dalam penjualan tahunan. 2. Kantor penjualan di 61 negara (salah satunya Indonesia), dan pemimpin pasar di lebih dari 30 negara 3. Sebanyak 2,3 juta Sales Consultants. 4. Memiliki 6.200 karyawan. 5. Menjual 800 produk. 6. Menerbitkan 100 juta katalog dalam 35 bahasa. Oriflame saat ini adalah perusahaan kosmetik dengan perkembangan tercepat di dunia. Oriflame memiliki kantor penjualan di 59 negara dan merupakan pemimpin pasar di lebih dari 30 negara. Jaringan penjualan yang terdiri dari 2,3 juta konsultan mandiri yang memasarkan rangkaian lengkap perawatan kulit, wewangian, dan kosmetik berkualitas tinggi. Oriflame adalah perusahaan kosmetika yang menawarkan produk kosmetik dan perawatan kulit alami berkualitas tinggi melalui jaringan penjual mandiri (independent sales Electronic Business force) yang berbeda dengan sistem retail pada umumnya. Sistem penjualan pribadi memungkinkan pelanggan untuk memperoleh nasehat dan inspirasi dari orang yang mereka kenal dan mereka percaya. Pembelian secara langsung dapat diandalkan dan sangat menyenangkan. Produk Oriflame terdiri dari aneka kosmetik, perawatan badan, rambut, wajah, dan wewangian yang hanya menggunakan bahan-bahan dan saripati alami dan teruji secara klinis pada sekelompok sukarelawan dan tidak diujicobakan pada hewan. Oleh karena itu, keamanan dan efektivitas produk dapat dievaluasi sebelum penjualan secara luas. Dengan adanya uji klinis tersebut dapat diketahui lebih dini peluang terjadinya alergi sehingga dapat dilakukan perbaikan komposisi atau pemberian note khusus bagi penggunaan produk tersebut. Selama 43 tahun Oriflame telah mengembangkan keahlian yang luar biasa di bidang kosmetik dan sistem penjualan pribadi, sehingga Oriflame dapat menawarkan kesempatan unik untuk „make money today and fulfil your dreams tomorrow‟. Hal ini berarti diberikan peluang untuk menghasilkan uang sejak hari pertama bergabung, sambil mulai membangun jaringan penjualan dan berjuang untuk mewujudkan impian. Ratusan ribu konsultan di seluruh dunia telah mengambil peluang ini untuk membangun kesuksesan mereka sendiri bekerjasama dengan Oriflame. - PT. Orindo Alam Ayu PT. Orindo Alam Ayu (selanjutnya disebut Oriflame Indonesia) terdaftar sebagai anggota Assosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) dengan nomor anggota: 0011/06/93 dan menjadi sponsor dalam pemilihan ketua APLI periode 2010 – 2012. Oriflame Indonesia didirikan sejak tahun 1986 dan telah berjaya di selama 21 tahun. Dari 58 negara yang ada Oriflame, Indonesia berada di peringkat keenam. Oriflame Indonesia memiliki 12 cabang dan ribuan konsultan yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Untuk saat ini, Oriflame Indonesia merupakan perusahaan kosmetika dengan sistem penjualan mandiri nomor satu di Indonesia. Meskipun berkembang dengan cepat, Oriflame Indonesia tidak pernah sekalipun melupakan konsep bisnis awalnya, yaitu dijual dari teman untuk teman. Ribuan konsultan dan 12 kantor cabang Oriflame Indonesia telah tersebar di seluruh Indonesia. Perusahaan kosmetik asal Swedia ini mereguk keuntungan besar dengan memanfaatkan peluang pasar menjanjikan di Indonesia. Maka dari itu, Oriflame Indonesia berkomitmen untuk selalu menunjukkan loyalitas terhadap konsumen di Indonesia. Beragam pemberian bonus, seminar-seminar, dan berbagai program dipersiapkan Oriflame Indonesia secara matang untuk memanjakan konsultan. Data paling akhir, member Oriflame telah mencapai angka 2 juta orang di dunia, dan di Indonesia tercatat sebanyak 25 ribu konsultan Oriflame bergabung. PT.Orindo Alam Ayu selaku distributor Oriflame wilayah Indonesia memilki beberapa kantor cabang perwakilan distributor di setiap daerah. Perusahaan menyediakan berbagai fasilitas dalam melakukan transaksi dalam berbelanja bagi para consultant (member) Oriflame diantaranya: 1. Berbelanja On-line melalui internet dengan cara membuka situsresmi Oriflame yaitu www.Oriflame.co.id 2. Lewat Telephon (By Phone) dengan menghubungi nomor yangtertera di COF pada setiap kantor cabang yang diinginkan. 3. Datang langsung ke kantor cabang Oriflame yang diinginkan dengan menggunakan kartu tanda Consultant. Pelayanan Jasa Ada pun pelayanan jasa nya adalah dengan cara bergabung menjadi member agar semua orang bisa ikut memakai produk ini, dan bisa menjadi sukses disini. Dengan cara Adapun cara untuk menjadi anggota (selanjutnya disebut consultant) Oriflame adalah sebagai berikut: 1. Isi formulir pendaftaran dan bayar biaya pendaftaran. Calon anggota harus menyertakan fotokopi identitas (KTP, SIM atau tanda pengenal lain yang diakui oleh lembaga yang berwenang). 2. Consultant akan mendapatkan Starter Kit yang berisi seluruh materi yang dibutuhkan untuk memulai usaha sebagai consultant. Di Oriflame, consultant dapat memperoleh penghasilan dalam tiga cara3, yaitu: 1. Menunjukkan katalog dan mengambil order untuk menghasilkan 30 persen keuntungan langsung. 2. Mengajak orang lain bergabung untuk menghasilkan hingga 21 persen atas penjualan pribadi consultant dan penjualan consultant dalam group. 3. Mengembangkan para director dan consultant akan mencapai title director yang lebih tinggi serta menghasilkan uang lebih banyak. Consultant juga mendapatkan penghasilan dari mengajak orang lain bergabung dan menjadi consultant. Ini dinamakan mensponsori. Success plan kemudian membayar berdasarkan dua set nilai, yakni Business Volume (BV) & Business Point (BP). Oriflame selalu memberikan total 21 persen Performance Discount untuk masing-masing grup. Seberapa banyak 21 persen yang setiap consultant dapatkan bergantung pada struktur grupnya. PT. Orindo Alam Ayu (Oriflame Indonesia) telah menerapkan Electronic Business System (e-business) dalam kegiatan bisnis mereka secara menyeluruh dan berkelanjutan. Electronic Business System (e-business) E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi (Alter, 2002). E-Business mengacu pada lingkungan yang lebih luas dan mencakup pelayanan customer, kolaborasi dengan mitra bisnis dan transaksi elektronik internal dalam sebuah organisasi (Anastasia, 2004). Penerapan e-business di Oriflame Indonesia salah satunya dapat diamati dari website resmi Oriflame Indonesia. Website ini memanfaatkan layanan internet yang dapat diakses oleh masyarakat umum dan ekstranet yang hanya dapat diakses oleh consultant. Bahasa yang digunakan pada website ini didominasi oleh Bahasa Indonesia. Akan tetapi, Bahasa Inggris juga digunakan untuk istilah-istilah tertentu yang tidak sesuai apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Pada halaman depan, website menampilkan berbagai menu yang dapat dipilih oleh pengguna. Pada halaman ini, layanan yang dimanfaatkan adalah internet. Menu yang dapat dipilih antara lain “peluang”, “produk”, “tentang Oriflame”, “costumer service”, dan “berita”. Sementara itu, menu “halaman saya” dapat diakses bila pengguna sudah memasuki layanan ekstranet. Halaman depan juga mencantumkan cara log in ke ekstranet khusus untuk consultant. Halaman “peluang” sengaja dibuat untuk menarik para pengguna agar bergabung dengan Oriflame Indonesia sebagai consultant. Halaman ini akan menunjukkan kepada pengguna tentang keunggulan produk dan sistem penjualan Oriflame, cara bergabung menjadi consultant, keuntungan apa saja yang akan diperoleh dengan menjadi consultant, promosi yang sedang berlaku, serta data consultant yang telah berhasil menjadi director dan memperoleh bonus. Halaman ini juga menampilkan peluang pengembangan karir melalui seminar dan pelatihan yang dapat diikuti oleh consultant. Halaman “produk” dimanfaatkan sebagai media untuk menginformasikan kepada pengguna mengenai berbagai macam produk Oriflame, keunggulan produk, serta harga produk. Pada halaman ini, produk Oriflame dibedakan menjadi tujuh kategori, yaitu skincare, make-up, fragrance, bodycare, hair, accessories, dan dare to be. Masing-masing produk dideskripsikan pada halaman yang berbeda. Admin juga mencantumkan keunggulan dan testimoni dari produk tersebut yang diinput oleh consultant. Apabila pengguna masuk ke halaman “produk” melalui layanan internet, maka harga yang tercantum adalah harga beli konsumen non anggota. Di sisi lain, jika pengguna masuk ke halaman “produk” melalui layanan ekstranet, maka harga yang tercantum adalah harga beli consultant, di mana ada selisih harga dengan harga beli konsumen non anggota. Melalui halaman ini pula, pengguna dapat menyebarkan informasi produk ke jaringan sosial lainnya, misalnya facebook dan twitter. Dengan adanya fasilitas ini, consulant akan semakin mudah untuk mempromosikan produk melalui jaringan sosial. “Halaman saya” hanya dapat diakses oleh pengguna yang telah log in ke ekstranet melalui kolom yang disediakan di halaman depan. Fasilitas ini hanya dapat diakses oleh consultant. Untuk log in ke ekstranet, consultant harus mengentri nomor consultant dan password. Pada “halaman saya” terdapat berbagai menu yang dapat dipilih oleh pengguna, antara lain “order”, “dukungan penjualan”, “pengaturan jaringan”, dan “hiburan & kegiatan”. “Halaman saya” juga menampilkan berita grup pribadi, informasi status dan penjualan consultant, serta data order produk. Menu “order” dapat dipilih saat consultant ingin memesan produk. Pada halaman “order”, consultant dapat langsung memilih produk yang dipesan, jumlah pemesanan, cara pembayaran, dan cara pengiriman produk. Menu “pengaturan jaringan”, “status anda”, dan “berita grup pribadi” akan mempermudah consultant untuk menyusun strategi agar meraih target penjualan dan bonus yang dijanjikan. Data produk yang diorder akan tercantum pada halaman “keranjang belanja”. Berdasarkan pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa PT. Orindo Alam Ayu (Oriflame Indonesia) telah menerapkan Electronic Business System (e-business) dalam kegiatan bisnis mereka secara menyeluruh dan berkelanjutan.
Pelayanan Jasa dan Produk ORIFLAME Apa itu ORIFLAME? Oriflame Cosmetics (selanjutnya disebut Oriflame) pertama kali didirikan di Swedia oleh dua orang bersaudara Robert dan Jonas af Jochnick serta rekan mereka, Bengt Hellsten, pada tahun 1967 di pusat kota Stockholm. Robert dan Jonas af Jochnick ingin memberi banyak orang kesempatan untuk memperoleh manfaat dari perawatan kulit yang baik dan kosmetika berkualitas tinggi yang terinspirasi oleh keindahan alam Swedia. Terobosan luar biasa yang dilakukan oleh dua bersaudara af Jochnick adalah memindahkan mata rantai bisnis Oriflame ke rumah konsumen. Segera saja, Oriflame memiliki konsultan penjualan di seluruh negeri. Mereka ingin menjadi bagian dari bisnis baru yang revolusioner dan mendapatkan uang dari perawatan kulit alami. Produk itu didistribusikan ke rumah mereka. Sejak hari pertama mereka memiliki jaringan pelanggan potensial di teman-teman, kolega, dan tetangga, saat itu juga bisnis Oriflame mereka mulai berkembang. Hingga saat ini Oriflame global memiliki: 1. Lebih kurang 1,1 miliar dalam penjualan tahunan. 2. Kantor penjualan di 61 negara (salah satunya Indonesia), dan pemimpin pasar di lebih dari 30 negara 3. Sebanyak 2,3 juta Sales Consultants. 4. Memiliki 6.200 karyawan. 5. Menjual 800 produk. 6. Menerbitkan 100 juta katalog dalam 35 bahasa. Oriflame saat ini adalah perusahaan kosmetik dengan perkembangan tercepat di dunia. Oriflame memiliki kantor penjualan di 59 negara dan merupakan pemimpin pasar di lebih dari 30 negara. Jaringan penjualan yang terdiri dari 2,3 juta konsultan mandiri yang memasarkan rangkaian lengkap perawatan kulit, wewangian, dan kosmetik berkualitas tinggi. Oriflame adalah perusahaan kosmetika yang menawarkan produk kosmetik dan perawatan kulit alami berkualitas tinggi melalui jaringan penjual mandiri (independent sales Electronic Business force) yang berbeda dengan sistem retail pada umumnya. Sistem penjualan pribadi memungkinkan pelanggan untuk memperoleh nasehat dan inspirasi dari orang yang mereka kenal dan mereka percaya. Pembelian secara langsung dapat diandalkan dan sangat menyenangkan. Produk Oriflame terdiri dari aneka kosmetik, perawatan badan, rambut, wajah, dan wewangian yang hanya menggunakan bahan-bahan dan saripati alami dan teruji secara klinis pada sekelompok sukarelawan dan tidak diujicobakan pada hewan. Oleh karena itu, keamanan dan efektivitas produk dapat dievaluasi sebelum penjualan secara luas. Dengan adanya uji klinis tersebut dapat diketahui lebih dini peluang terjadinya alergi sehingga dapat dilakukan perbaikan komposisi atau pemberian note khusus bagi penggunaan produk tersebut. Selama 43 tahun Oriflame telah mengembangkan keahlian yang luar biasa di bidang kosmetik dan sistem penjualan pribadi, sehingga Oriflame dapat menawarkan kesempatan unik untuk „make money today and fulfil your dreams tomorrow‟. Hal ini berarti diberikan peluang untuk menghasilkan uang sejak hari pertama bergabung, sambil mulai membangun jaringan penjualan dan berjuang untuk mewujudkan impian. Ratusan ribu konsultan di seluruh dunia telah mengambil peluang ini untuk membangun kesuksesan mereka sendiri bekerjasama dengan Oriflame. - PT. Orindo Alam Ayu PT. Orindo Alam Ayu (selanjutnya disebut Oriflame Indonesia) terdaftar sebagai anggota Assosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) dengan nomor anggota: 0011/06/93 dan menjadi sponsor dalam pemilihan ketua APLI periode 2010 – 2012. Oriflame Indonesia didirikan sejak tahun 1986 dan telah berjaya di selama 21 tahun. Dari 58 negara yang ada Oriflame, Indonesia berada di peringkat keenam. Oriflame Indonesia memiliki 12 cabang dan ribuan konsultan yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Untuk saat ini, Oriflame Indonesia merupakan perusahaan kosmetika dengan sistem penjualan mandiri nomor satu di Indonesia. Meskipun berkembang dengan cepat, Oriflame Indonesia tidak pernah sekalipun melupakan konsep bisnis awalnya, yaitu dijual dari teman untuk teman. Ribuan konsultan dan 12 kantor cabang Oriflame Indonesia telah tersebar di seluruh Indonesia. Perusahaan kosmetik asal Swedia ini mereguk keuntungan besar dengan memanfaatkan peluang pasar menjanjikan di Indonesia. Maka dari itu, Oriflame Indonesia berkomitmen untuk selalu menunjukkan loyalitas terhadap konsumen di Indonesia. Beragam pemberian bonus, seminar-seminar, dan berbagai program dipersiapkan Oriflame Indonesia secara matang untuk memanjakan konsultan. Data paling akhir, member Oriflame telah mencapai angka 2 juta orang di dunia, dan di Indonesia tercatat sebanyak 25 ribu konsultan Oriflame bergabung. PT.Orindo Alam Ayu selaku distributor Oriflame wilayah Indonesia memilki beberapa kantor cabang perwakilan distributor di setiap daerah. Perusahaan menyediakan berbagai fasilitas dalam melakukan transaksi dalam berbelanja bagi para consultant (member) Oriflame diantaranya: 1. Berbelanja On-line melalui internet dengan cara membuka situsresmi Oriflame yaitu www.Oriflame.co.id 2. Lewat Telephon (By Phone) dengan menghubungi nomor yangtertera di COF pada setiap kantor cabang yang diinginkan. 3. Datang langsung ke kantor cabang Oriflame yang diinginkan dengan menggunakan kartu tanda Consultant. Pelayanan Jasa Ada pun pelayanan jasa nya adalah dengan cara bergabung menjadi member agar semua orang bisa ikut memakai produk ini, dan bisa menjadi sukses disini. Dengan cara Adapun cara untuk menjadi anggota (selanjutnya disebut consultant) Oriflame adalah sebagai berikut: 1. Isi formulir pendaftaran dan bayar biaya pendaftaran. Calon anggota harus menyertakan fotokopi identitas (KTP, SIM atau tanda pengenal lain yang diakui oleh lembaga yang berwenang). 2. Consultant akan mendapatkan Starter Kit yang berisi seluruh materi yang dibutuhkan untuk memulai usaha sebagai consultant. Di Oriflame, consultant dapat memperoleh penghasilan dalam tiga cara3, yaitu: 1. Menunjukkan katalog dan mengambil order untuk menghasilkan 30 persen keuntungan langsung. 2. Mengajak orang lain bergabung untuk menghasilkan hingga 21 persen atas penjualan pribadi consultant dan penjualan consultant dalam group. 3. Mengembangkan para director dan consultant akan mencapai title director yang lebih tinggi serta menghasilkan uang lebih banyak. Consultant juga mendapatkan penghasilan dari mengajak orang lain bergabung dan menjadi consultant. Ini dinamakan mensponsori. Success plan kemudian membayar berdasarkan dua set nilai, yakni Business Volume (BV) & Business Point (BP). Oriflame selalu memberikan total 21 persen Performance Discount untuk masing-masing grup. Seberapa banyak 21 persen yang setiap consultant dapatkan bergantung pada struktur grupnya. PT. Orindo Alam Ayu (Oriflame Indonesia) telah menerapkan Electronic Business System (e-business) dalam kegiatan bisnis mereka secara menyeluruh dan berkelanjutan. Electronic Business System (e-business) E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi (Alter, 2002). E-Business mengacu pada lingkungan yang lebih luas dan mencakup pelayanan customer, kolaborasi dengan mitra bisnis dan transaksi elektronik internal dalam sebuah organisasi (Anastasia, 2004). Penerapan e-business di Oriflame Indonesia salah satunya dapat diamati dari website resmi Oriflame Indonesia. Website ini memanfaatkan layanan internet yang dapat diakses oleh masyarakat umum dan ekstranet yang hanya dapat diakses oleh consultant. Bahasa yang digunakan pada website ini didominasi oleh Bahasa Indonesia. Akan tetapi, Bahasa Inggris juga digunakan untuk istilah-istilah tertentu yang tidak sesuai apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Pada halaman depan, website menampilkan berbagai menu yang dapat dipilih oleh pengguna. Pada halaman ini, layanan yang dimanfaatkan adalah internet. Menu yang dapat dipilih antara lain “peluang”, “produk”, “tentang Oriflame”, “costumer service”, dan “berita”. Sementara itu, menu “halaman saya” dapat diakses bila pengguna sudah memasuki layanan ekstranet. Halaman depan juga mencantumkan cara log in ke ekstranet khusus untuk consultant. Halaman “peluang” sengaja dibuat untuk menarik para pengguna agar bergabung dengan Oriflame Indonesia sebagai consultant. Halaman ini akan menunjukkan kepada pengguna tentang keunggulan produk dan sistem penjualan Oriflame, cara bergabung menjadi consultant, keuntungan apa saja yang akan diperoleh dengan menjadi consultant, promosi yang sedang berlaku, serta data consultant yang telah berhasil menjadi director dan memperoleh bonus. Halaman ini juga menampilkan peluang pengembangan karir melalui seminar dan pelatihan yang dapat diikuti oleh consultant. Halaman “produk” dimanfaatkan sebagai media untuk menginformasikan kepada pengguna mengenai berbagai macam produk Oriflame, keunggulan produk, serta harga produk. Pada halaman ini, produk Oriflame dibedakan menjadi tujuh kategori, yaitu skincare, make-up, fragrance, bodycare, hair, accessories, dan dare to be. Masing-masing produk dideskripsikan pada halaman yang berbeda. Admin juga mencantumkan keunggulan dan testimoni dari produk tersebut yang diinput oleh consultant. Apabila pengguna masuk ke halaman “produk” melalui layanan internet, maka harga yang tercantum adalah harga beli konsumen non anggota. Di sisi lain, jika pengguna masuk ke halaman “produk” melalui layanan ekstranet, maka harga yang tercantum adalah harga beli consultant, di mana ada selisih harga dengan harga beli konsumen non anggota. Melalui halaman ini pula, pengguna dapat menyebarkan informasi produk ke jaringan sosial lainnya, misalnya facebook dan twitter. Dengan adanya fasilitas ini, consulant akan semakin mudah untuk mempromosikan produk melalui jaringan sosial. “Halaman saya” hanya dapat diakses oleh pengguna yang telah log in ke ekstranet melalui kolom yang disediakan di halaman depan. Fasilitas ini hanya dapat diakses oleh consultant. Untuk log in ke ekstranet, consultant harus mengentri nomor consultant dan password. Pada “halaman saya” terdapat berbagai menu yang dapat dipilih oleh pengguna, antara lain “order”, “dukungan penjualan”, “pengaturan jaringan”, dan “hiburan & kegiatan”. “Halaman saya” juga menampilkan berita grup pribadi, informasi status dan penjualan consultant, serta data order produk. Menu “order” dapat dipilih saat consultant ingin memesan produk. Pada halaman “order”, consultant dapat langsung memilih produk yang dipesan, jumlah pemesanan, cara pembayaran, dan cara pengiriman produk. Menu “pengaturan jaringan”, “status anda”, dan “berita grup pribadi” akan mempermudah consultant untuk menyusun strategi agar meraih target penjualan dan bonus yang dijanjikan. Data produk yang diorder akan tercantum pada halaman “keranjang belanja”. Berdasarkan pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa PT. Orindo Alam Ayu (Oriflame Indonesia) telah menerapkan Electronic Business System (e-business) dalam kegiatan bisnis mereka secara menyeluruh dan berkelanjutan.